Tips Aman Berkendara bersama Anak

Bepergian dengan anak-anak bisa menyenangkan, baik untuk mereka sendiri maupun untuk Anda sebagai orang tuanya. Namun di sisi lain, hal ini berarti bahwa Anda memiliki tanggung jawab tambahan untuk menjaga anak-anak tetap aman dan itu dapat menimbulkan stres maupun bahaya jika Anda tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Artikel ini akan membahas beberapa tips aman berkendara bersama anak.

Tips Aman Berkendara bersama Anak

1. Memakai car seat

Memakai car seat sangatlah penting bagi keselamatan anak, namun memang tidak selalu mudah dilakukan. Orang tua memerlukan pengetahuan yang cukup dalam memilih dan memasang car seat agar menjamin keselamatan anak yang memakainya. Setiap negara memiliki arahan tersendiri untuk penggunaan car seat anak yang memperhitungkan usia, panjang, tinggi, dan berat anak. Perhatikan juga petunjuk penggunaan yang disertakan dari produk car seat yang Anda beli.


Sebagai salah satu hal penting dalam tips aman berkendara bersama anak, usahakan agar anak tetap betah duduk di car seat walau tidak suka; Anda dapat memberinya mainan atau kudapan agar betah. Pastikan juga orang-orang di sekitar anak Anda mengerti bahwa hal itu mutlak dan perlu dilakukan, misalnya kakek atau nenek, ataupun pengasuhnya.

2. Menjadikannya sebagai rutinitas

Tips aman berkendara bersama anak lainnya adalah dengan mengajak anak berkendara sesering mungkin agar dia tau rutinitas atau kebiasaan yang harus dijalaninya saat berkendara, termasuk kebiasaan untuk duduk di car seat.

3. Sabuk pengaman

Memasang sabuk pengaman mungkin terlihat sangat sederhana untuk dilakukan, tetapi beberapa orang masih tidak menggunakan sabuk pengaman meskipun manfaatnya sangat besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa sabuk pengaman bertanggung jawab untuk menyelamatkan 329.715 nyawa dalam 50 tahun terakhir. Selain itu, kecelakaan kendaraan bermotor adalah penyebab utama kematian di kalangan anak dan remaja, di mana lebih dari setengah remaja yang meninggal dalam kecelakaan tidak mengenakan sabuk pengaman.

4. Ketahui tempat mereka

Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah harus selalu berada di kursi belakang saat duduk di car seat atau booster seat, agar tidak terhimpit airbag saat terjadi kecelakaan.

Cara Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

1. Simpan barang-barang menyenangkan di dalam mobil

Agar anak Anda betah duduk di car seat, biarkan anak bermain dengan beberapa mainan atau buku pilihan saat berada di car seat.Β 

2. Bawa makanan ringan

Meskipun Anda mungkin tidak ingin menggunakan makanan ringan sebagai barang sogokan, bawalah makanan ringan atau minuman jika memang perjalanan Anda lebih lama. Membuat perjalanan mobil menyenangkan (termasuk menghindari kehausan dan kelaparan) akan sangat membantu memastikan anak-anak betah duduk selama di perjalanan.

3. Pertimbangkan sistem hadiah

Jika anak Anda terbiasa membuat keributan saat duduk di car seat, Anda dapat menghentikan secara bijaksana dan menerapkan sistem pemberian hadiah, misalnya, mereka akan mendapatkan bintang atau stiker setiap kali mereka duduk di car seat tanpa membuat keributan, dan saat mencapai jumlah tertentu, bintang atau stiker tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah pilihan mereka.

Dengan menerapkan tips aman berkendara bersama anak, seperti bersikap hati-hati, penuh perhatian, dan memikirkan keselamatan anak-anak, Anda dapat membantu memastikan mereka tetap aman di dalam dan di sekitar kendaraan.