Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas bersama Keluarga di Akhir Pekan

Waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan merupakan waktu yang dinanti-nantikan seluruh anggota keluarga, di mana orangtua dan anak-anak “libur” dari kewajiban mereka, yaitu bekerja dan belajar. Di akhir pekan seperti ini, tentunya orangtua ingin menyenangkan anak-anak dengan mengajak mereka bepergian, berekreasi, ataupun bermain. Namun, ada beberapa cara agar waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan ini benar-benar dapat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga. 

  1. Menjauh dari gadget.
    Sehari-hari, kita sudah seringkali berinteraksi dengan gadget, misalnya, dalam berkomunikasi dengan rekan kerja atau teman dan guru di sekolah, mencari informasi untuk pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, membuat janji temu dengan teman-teman, berdiskusi mengenai pekerjaan dan pelajaran, hingga menghabiskan waktu berkualitas untuk diri sendiri dengan menjelajah ke media sosial. 
Di saat semua anggota keluarga memiliki waktu untuk satu sama lain seperti di akhir pekan, usahakan untuk berinteraksi lebih intim dengan menjauh dari gadget; Bila perlu, kita dapat bersepakat untuk “libur dari gadget” pada hari-hari tertentu dalam satu bulan di akhir pekan.

 

  1. Tidak harus pergi ke luar rumah.
    Saat kita sudah lelah dan jenuh dengan kehidupan di luar rumah, seperti di kantor, di jalan, dan di sekolah, ada baiknya sesekali kita di rumah untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan bersama anggota keluarga yang juga dapat meningkatkan kekompakan bersama, seperti, memasak atau membuat kue bersama, merakit lego, olahraga bersama, mencuci mobil bersama, hingga berkebun bersama.

Selama berkegiatan, pastikan untuk tidak terlalu ketat dengan proses dan hasilnya, karena yang terpenting adalah waktu berkualitas bersama keluarga. Selain itu, kita juga dapat mengobrol dan bercerita tentang keseharian yang tidak sempat diceritakan selama hari kerja, sehingga dapat mengenal lebih dalam lagi tentang satu sama lain. Sebagai tambahan, anak-anak juga dapat dilibatkan dalam proses kegiatan, seperti, membantu membeli bahan kue, memilih model lego yang akan dibuat, mengisi tanah ke dalam pot, dan lainnya – agar mereka dapat melatih soft skill untuk bekerja sama dan bertanggung jawab.

 

  1. Bertualang ke tempat-tempat baru.
    Bila kita sudah sering pergi ke mall di akhir pekan, untuk menghindari kebosanan, kita juga dapat merencanakan untuk bertualang ke tempat-tempat baru, seperti menginap semalam di kota kecil terdekat, berkemah di camping ground terdekat, mengunjungi kebun bunga atau kebun raya, mencoba restoran baru, dll.

Di kegiatan seperti ini, anak-anak juga dapat dilibatkan untuk melatih berbagi tanggung jawab, seperti, mencari tempat yang akan dikunjungi, membacakan peta saat di perjalanan, mempersiapkan beberapa barang yang harus dibawa, dll. Pastinya, selain menjadi lebih antusias karena akan melihat dan merasakan tempat baru, anak-anak juga dapat melatih kemampuan adaptasi mereka terhadap lingkungan yang baru.

 Selain beberapa cara di atas, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk waktu berkualitas bersama keluarga di akhir pekan, yang tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, terutama bagi kekompakan, kerja sama, tanggung jawab, dan keintiman keluarga.