Camilan Sehat untuk Anak dan Balita

Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak berada pada umur 0 hingga 5 tahun (di mana otak yang berkembang adalah sekotar 80%), atau disebut juga dengan golden age. Selain stimulasi, makanan juga menjadi salah satu faktor penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dan balita di masa-masa emas ini.Β 

Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit juga anak yang mengalami masalah sulit makan, sehingga banyak ibu-ibu yang kebingungan dalam menghadapinya. Selain berkonsultasi dengan ahlinya, ibu-ibu juga dapat mencoba untuk menyiapkan bahan makanan sehat berikut ini, agar dapat membuatnya menjadi camilan sehat untuk anak dan balita tersayang.

  1. Telur

Selain mengandung protein tinggi dan asam amino yang penting bagi pertumbuhan otak dan otot, telur juga mengandung lemak jenuh yang baik bagi pertumbuhan anak dan balita. Selain itu, telur juga mengandung berbagai mineral dan vitamin, seperti, vitamin A, B2, B5, B12, dan vitamin E.

Telur pun mudah diolah menjadi berbagai kudapan enak dan camilan sehat untuk anak dan balita, karena dapat dicampurkan ke berbagai makanan, seperti, kue dadar, telur kukus daging, telur gulung, risoles isi telur dan mayonaise.

  1. Keju

Keju mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti yang terdapat pada susu, yaitu, protein, lemak, vitamin, mineral dan kalsium. Keju juga mudah dimasukkan ke dalam kudapan sehat untuk anak dan balita, seperti, risol isi keju lumer, keju parut pada telur gulung, bola kentang goreng isi keju, daging kukus keju telur, dll.

  1. Yogurt

Bila anak sudah bosan dengan makanan dengan citarasa asin seperti keju dan telur, masih ada bahan makanan lain untuk membuat camilan sehat untuk anak dan balita, yaitu yogurt. Dengan kandungan yang mirip dengan susu dan keju, yogurt dapat disajikan dengan buah segar untuk menyajikan camilan dengan cita rasa dingin, yang cenderung disukai anak-anak. Camilan dari yogurt ini dapat dibuat manis dari buah dan madu (untuk anak di atas 1 tahun), tanpa perlu menambahkan gula, sehingga menjadi camilian sehat untuk anak-anak.

  1. Alpukat

Biasanya anak-anak menyukai buah karena rasanya yang segar dan manis. Namun, tidak semua buah memiliki kandungan gizi dan kalori yang cukup untuk pertumbuhan anak-anak. Karena itu, kita perlu memilih camilan buah dengan cermat, terutama buah yang mengandung vitamin, protein dan lemak bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, seperti buah alpukat, yang dapat diolah menjadi berbagai camilan sehat (misal juice atau milkshake).

  1. Pisang
Buah lain yang dapat diolah menjadi berbagai camilan sehat untuk anak dan balita adalah pisang. Dalam pisang yang berukuran sedang, terkandung 105 kalori, potasium atau kalium, zat besi, karbohidrat, vitamin B6 dan vitamin C. Selain dapat dimakan langsung, pisang juga dapat diolah menjadi camilan seperti kue pisang, bolu pisang, pisang goreng, roti goreng isi pisang, kue dadar pisang, puding pisang dan alpukat, kolak pisang, dll.