Kiat Membangun Kebiasaan Sehat pada Anak

Kebiasaan sehat pada anak sangat dipengaruhi oleh peran orang tua. Sedini mungkin, Anda dapat mulai melakukan banyak hal untuk membantu anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan sehat selama seumur hidupnya. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu mereka untuk berkembang sehat dan kuat, secara jasmani dan rohani, karena ada pepatah mengatakan, “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.”

Manfaat Hidup Sehat sejak Dini

  1. Menikmati kehidupan yang signifikan 

Sebuah analisis besar-besaran pada 2012 diadakan terhadap 15 studi internasional dan melibatkan lebih dari 500.000 peserta. Analisis ini menemukan bahwa, lebih dari setengah kematian dini disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, dan orang-orang yang melakukan kebiasaan sehat dapat menikmati kehidupan yang signifikan.

  1. Memperpanjang harapan hidup

Kebiasaan sehat dapat memperpanjang harapan hidup hingga dua tahun lebih lama, baik pada pria maupun wanita. Maka, jangan heran jika, pada umumnya, semakin banyak kebiasaan sehat yang dimiliki seseorang, maka semakin panjang pula umurnya. 

Kiat Membangun Kebiasaan Sehat pada Anak 

1. Memberi contoh

Sebagian besar anak meniru kebiasaan orang tua mereka, baik kebiasaan baik maupun buruk. Atas dasar inilah, penting bagi Anda untuk memberikan contoh yang baik, terutama dalam membangun kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengajak melakukannya

Tidak hanya memberi contoh, Anda sebagai orang tua juga harus mampu mengajak membangun kebiasaan sehat pada anak.

3. Membiasakan anak

Pada dasarnya untuk beralih dari kebiasaan sebelumnya ke kebiasaan baru memang sulit. Maka dari itu, setelah Anda memberi contoh dan mengajak anak untuk membiasakan hidup sehat, langkah selanjutnya adalah membiasakan mereka. Hal ini membutuhkan konsistensi agar dapat tertanam menjadi sebuah kepribadian seumur hidup.

4. Memberi penghargaan hingga terbiasa

Menjadi sehat harus menyenangkan. Saat tahap awal saat anak belajar untuk membangun kebiasaan sehat, Anda dapat menghadiahi kebiasaan perilaku sehat anak dengan suguhan atau aktivitas yang sehat pula, misalnya membelikan sikat gigi baru yang lucu, atau membelikan buah musiman kesukaannya. Tetap bersikap positif dan suportif dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri dan membangun kebiasaan sehat pada anak.

5 Kebiasaan Sehat Anak yang perlu Dibangun sejak Dini

1. Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan secara asal-asalan tidak akan berpengaruh. Karena itu, membangun kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat melindungi Anda dari penyebaran banyak penyakit, mulai dari flu biasa hingga infeksi yang lebih serius.

2. Rutin mandi

Membawa anak-anak ke dalam rutinitas kebersihan dasar, seperti mandi dan membersihkan gigi dua kali sehari, akan membantu mereka menjaga kebersihan diri sendiri, sekaligus membantu membangun rutinitas yang sehat pada anak.

3. Banyak minum air putih

Saat terlalu asyik bermain, anak seringkali lupa minum sehingga dapat menyebabkan kelelahan, kurang konsentrasi, mudah marah, dan sakit kepala. Dorong mereka untuk minum lebih banyak air putih selama berkegiatan sepanjang hari dan, sebisa mungkin, hindari minuman manis berkarbonasi atau jus buah pabrikan yang biasanya mengandung kadar gula tinggi.

4. Makan dan camilan sehat

Isi kulkas Anda dengan berbagai makanan sehat, seperti buah, susu, atau makanan sehat lainnya, sehingga anak-anak hanya mendapati makanan sehat saat mereka membuka kulkas. Namun, tentunya Anda harus tetap memantau terutama jika mereka membeli makanan dari luar rumah.

5. Olahraga

Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas anak Anda. Misalnya: jogging, bersepeda, aerobic, dan lain sebagainya. Pastikan juga olahraga tersebut aman dilakukan anak seusia mereka.


Tentunya, semua orang tua ingin anak-anak mereka menjadi sehat dan bahagia, namun terkadang tujuan itu bisa terasa sangat sulit dan berat, tanpa bantuan orang tua untuk menerapkan kebiasaan sehat pada anak secara konsisten.