Pertolongan Pertama Mengatasi Demam pada Anak

Demam tidak hanya rentan menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Bahkan ada beberapa anak dapat mengalami kejang ketika mereka demam dengan suhu yang tinggi. Kejang demam pada anak dapat terjadi jika suhu tubuh anak melesat naik tinggi secara cepat dan tiba-tiba. Jika Anda tidak yakin tentang gejala-gejala demam yang menyerang anak, selalu datangi penyedia layanan kesehatan anak untuk diperiksa.

Definisi Demam pada Anak

Demam pada anak terjadi saat suhu tubuh anak naik hingga lebih dari 37,5C (99,5F). Sebagai orang tua, sangat wajar jika menjadi khawatir saat anak demam. Namun, penyakit ini sangat umum terjadi dan seringkali hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus melalui obat-obatan. Saat tubuh terserang virus, tubuh akan membangun pertahanan dan menyesuaikan suhu tubuh, dan saat itulah terjadi demam; karena itu, demam pada anak yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat; cukup berikan air putih yang banyak, dan paracetamol untuk meredakan nyeri saat anak rewel. Lain halnya bila demam pada anak disebabkan oleh bakteri atau infeksi, maka demam perlu disembuhkan dengan penggunaan obat.Β 


Pertolongan Pertama Mengatasi Demam pada AnakΒ 

1. Jangan panikΒ 

Pada tahap awal demam, bayi atau anak mungkin mengalami peningkatan suhu. Mereka dapat mengeluh kedinginan, sakit kepala, dan mungkin terlihat pucat. Tetaplah tenang dan jangan panik selama tanda-tanda vital masih bekerja dengan baik.

2. Ukur suhu

Demam memang tidak selalu berbahaya, tetapi Anda harus memantaunya. Usahakan agar suhu tubuh tidak naik melebihi 39Β° C, dengan cara mengompres atau memberikan paracetamol agar anak merasa nyaman.

3. Cek tanda vital

Selama anak masih dapat beraktivitas normal dak tidak rewel, demam pada anak diharapkan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun apabila anak mulai tidak merespons, muntah tanpa henti, kehilangan kesadaran, keluar darah dari salah satu bagian tubuh, merasa sangat sakit pada bagian tubuh tertentu, segera bawa anak ke dokter untuk diperiksa.Β 

4. Berikan cairan yang banyak

Salah satu yang dapat membantu menurunkan demam pada anak adalah cairan, seperti air putih, jus buah murni, sop kaldu daging atau sayuran, bahkan teh manis sekalipun.

5. Kompres dan skin-to-skin untuk turunkan suhu

Cara lain menurunkan demam adalah dengan kompres air hangat, atau melakukan kontak sentuhan dengan anak agar anak merasa nyaman.

  1. Berikan paracetamol bila anak rewel/tampak kesakitan. Ini akan membantu mengurangi suhu dan rasa sakit bayi atau anak.
  2. Atur suhu kamar agar sejuk

Atur suhu ruang agar tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin. Bila memungkinkan, naikkan suhu ruang agar anak berkeringat, namun jaga agar anak tetap merasa nyaman.

6. Hindari bepergian ke tempat hiburan/umum yang tertutup karena banyak virus, misalnya mall.

Saat sakit, sebaiknya anak tetap beristirahat di rumah. Bilapun bosan, usahakan agar berjalan di luar selama cuaca cerah, misalnya berjalan santai di kompleks rumah, atau ke taman terdekat di mana ada pepohonan, hindari bepergian ke ruangan tertutup di mana sirkulasi udara tidak terlalu lancar.


Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberi Obat Demam pada Anak

1. Tidak sembarang antibiotik (bisa kebal)

Ketika anak sakit, tentu Anda ingin dia merasa lebih baik secepat mungkin. Saat pergi ke dokter, ingatlah bahwa antibiotik tidak selalu menjadi pilihan yang tepat. Bila anak diberikan antibiotik, maka penyebabnya harus ditemukan dengan jelas dan tepat akibat infeksi bakteri, bila tidak, pemberian antibiotik yang tidak tepat guna dapat menyebabkan kekebalan pada antibiotik tertentu. Jadi berhati-hatilah saat memberikan antibiotik pada anak saat demam.

2. Hanya berikan obat / paracetamol bila anak rewel / tampak sakit

Jika anak Anda demam tetapi tidak tertekan, Anda tidak perlu memberi mereka obat apa pun, justru demam akan membantu tubuh melawan infeksi. Namun, jika anak Anda demam dan merasa nyeri atau tidak nyaman, Anda dapat memberi paracetamol untuk membantu mereka merasa lebih nyaman. Fungsi paracetamol adalah untuk meredakan rasa sakit ringan, bukan untuk menyembuhkan demam. Perhatikan pemberian dosis paracetamol yang tepat sesuai resep dokter.

3. Bila ragu, silahkan ke dokter

Jika Anda ragu mengenai apa yang harus Anda lakukan dan berikan ketika anak demam, pergi ke dokter dapat menjadi salah satu pilihan yang baik. Namun, bersikaplah kritis dan logis dalam menanggapi diagnosis dokter.