Mengalihkan Anak dari Gadget selama Liburan Sekolah

Saat ini, banyak anak kecanduan gadget dan tidak dapat menghabiskan hari-hari tanpa gadget. Bagi beberapa anak, bermain dengan perangkat elektronik ini bukan hanya bagian dari kehidupan, melainkan satu-satunya hal dalam hidup. Padahal sebenarnya, terlalu lama bermain gadget memiliki dampak yang sangat buruk bagi anak-anak. Sebagai orang tua yang cerdas, Anda harus mampu mengalihkan anak dari gadget dan mengajarkan penggunaan gadget untuk tujuan yang lebih tepat.


Akibat Anak Kecanduan Gadget sejak Dini

  1. Menghambat perkembangan kognitif

Otak anak-anak berkembang dengan sangat cepat sejak mereka dilahirkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan yang berlebihan dari gadget dapat mengakibatkan perkembangan kognitif yang lambat (misalnya keterlambatan berbicara), defisit perhatian, dan bahkan gangguan pendengaran. Jadi, saat anak belajar mengucapkan beberapa kata pertama, satu-satunya orang yang dapat membacakan buku, menyanyikan lagu anak-anak, serta berbicara kepada mereka adalah Anda, dan bukan karakter fiktif di TV atau gadget.

  1. Berdampak buruk pada hubungan sosial

Ketika anak-anak dan gadget menjadi tidak dapat dipisahkan, hal ini dapat menghalangi ikatan anak Anda dengan keluarga dan teman-teman seusia mereka. Jika ini dibiarkan dalam kurun waktu dua tahun saja, anak Anda bisa tumbuh menjadi seorang pertapa sosial, tanpa teman normal di luar dunia elektroniknya.


Mengalihkan Anak dari Gadget selama Liburan Sekolah

Saat liburan sekolah, anak memiliki banyak sekali waktu luang. Bila tidak dikendalikan dengan hati-hati, maka anak dapat bablas menggunakan gadget dalam waktu yang sangat lama saat liburan. Salah satu cara mengalihkan anak dari gadget selama liburan sekolah adalah dengan mengajaknya bermain di luar rumah, yang tentunya dapat membantu membangun keterampilan motorik mereka. Nikmati saat-saat berharga dengan anak-anak Anda saat Anda bermain permainan yang menyenangkan seperti menangkap bola. Untuk anak-anak yang berusia lebih tua, Anda dapat mengajaknya bermain tenis, sepak bola, berenang, dan sebagainya.Β 

Saat liburan anak sekolah, Anda juga dapat mengambil waktu istirahat dari pekerjaan untuk pergi dan bermain ke pantai bersama anak-anak Anda. Pilihan lainnya adalah dengan bertualang ke alam dan menikmati udara segar di luar ruangan bersama keluarga. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya menjauhkan anak-anak Anda dari gadget, namun juga mengakrabkan seluruh anggota keluarga dengan waktu yang berkualitas.

Β 

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

1. Berikan contoh

Salah satu cara paling efektif untuk mengalihkan anak dari gadget adalah memberi contoh. Anak-anak adalah peniru ulung, jadi jika Anda terpaku pada gadget, akan sangat sulit juga untuk mengalihkan anak dari gadget. Batasi penggunaan gadget Anda, terutama di depan anak-anak. Anda dapat menggunakannya saat anak-anak berada di sekolah atau pergi tidur.

2. Ciptakan kesadaran tentang bahaya dunia online

Orang tua harus memastikan bahwa anak-anak, terutama remaja, menyadari bahayanya dunia online. Ajari anak-anak tentang perilaku online yang aman, seperti tidak membagikan informasi pribadi mereka secara online karena mereka dapat diganggu oleh penjahat cyber. Hati-hati juga terhadap beberapa game online berbahaya, seperti Blue Whale Challenge, yang berdampak buruk pada mental anak-anak.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebenarnya, penggunaan gadget secara terbatas tidak berbahaya, apalagi bila digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi anak secara akademis. Namun, penggunaan gadget harus dibatasi pada anak-anak usia dini, yang sebenarnya tidak perlu terpapar gadget untuk berkembang pada usia tersebut.