Mengenalkan Musik pada Anak sejak Dini

Mengenalkan musik pada anak sangatlah penting. Semua orang suka musik, dan jika seorang anak mampu memainkan musik, anak akan mampu mengembangkan kreativitasnya, mengekspresikan dirinya sendiri untuk mengurangi stres, sekaligus mencapai prestasi di bidang non-akademis. Musik akan membantu membangun rasa percaya diri anak, dan belum lagi, musik sangat menyenangkan.


Manfaat Mengenal Musik sejak Dini

Mengenalkan musik pada anak sejak dini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Mendorong perkembangan otak

Secara umum, belajar musik dapat mempercepat perkembangan otak anak-anak. Penelitian oleh University of Southern California dan National Association of Music Merchants Foundation membuktikan bahwa mempelajari instrumen dapat meningkatkan keterampilan bahasa, keterampilan membaca, dan keterampilan matematika. Secara umum, bermain musik dapat membantu meningkatkan keterampilan dan potensi anak.

  1. Mempersiapkan anak untuk sekolah

Mempelajari musik juga merupakan kunci kesiapan anak untuk sekolah, meliputi persiapan kecerdasan, emosi sosial, keterampilan motorik, dan kemampuan membaca secara keseluruhan. Musik dapat membantu memperkuat keterampilan memori anak. Itu berarti mendengarkan irama dan nada lagu dapat membantu membangun kemampuan konsentrasi terbaik anak-anak, termasuk mengembangkan memori jangka pendek maupun jangka panjang.


Mengenal Musik sejak dalam Kandungan

Banyak jurnal penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mendengarkan jenis musik tertentu dapat secara signifikan memberi manfaat bagi kesehatan mental ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, musik juga dipercaya dapat membantu membentuk beberapa sifat kepribadian janin dan bayi, termasuk memancing respons janin terhadap berbagai jenis musik. Memainkan jenis musik tertentu juga dapat mendukung perkembangan fisik dan sensorik bayi Anda selama trimester pertama, kedua dan ketiga.


Cara Mudah Mengenalkan Musik pada Anak

  1. Investasikan dalam kotak musik

Berikan anak Anda akses ke instrumen musik. Bila masih terlalu dini, anak juga dapat diperkenalkan kepada kotak musik (meskipun kecil) yang berisi koleksi instrumen yang bisa dibawa dan dinikmati anak. Pastikan kotak itu juga memiliki penutup dan dapat disimpan ketika sudah dibawa bepergian.Β 

  1. Memperdengarkan berbagai jenis musik

Salah satu cara mudah untuk mengenalkan musik pada anak sejak dini adalah dengan memperdengarkan berbagai jenis musik dalam kehidupan sehari-harinya. Anda dapat memutar musik di mana saja, seperti di rumah, di mobil, atau bernyanyi saat memandikan si kecil. Dengan mengenalkan berbagai jenis musik, anak akan dapat menikmati musik sedikit demi sedikit, dan perlahan dapat menumbuhkan ketertarikan pada musik tertentu.

  1. Membandingkan perasaan dengan musikΒ 

Anak-anak kecil merasa lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan ketika mereka memiliki titik referensi. Musik dan melodi yang luar biasa, nada, dan suasana hati cocok untuk membandingkan perasaan. Minta anak Anda untuk membandingkan perasaan mereka dengan lagu. Ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan musik baru dengan cara yang menyenangkan dan menjalin ikatan dengan anak Anda.


Dengan mengenalkan musik pada anak di usia yang begitu muda, Anda dapat membuat dan menyiapkan mereka tetap terlibat, termotivasi, dan siap belajar untuk sukses di bidang lain dalam kehidupan mereka. Jadi, bawa instrumen dan gerakan tarian, serta jangan takut untuk bernyanyi bagi anak walaupun suara Anda tidak semerdu penyanyi terkenal.